Home » » Tempat Wisata Alam Kalibiru Jogja Untuk Yang Suka Foto Harus Dateng Untuk Harga Sangat Relatif Murah

Tempat Wisata Alam Kalibiru Jogja Untuk Yang Suka Foto Harus Dateng Untuk Harga Sangat Relatif Murah

Written By teambolle92 on Kamis, 27 Desember 2018 | Desember 27, 2018


Wisata Alam Kalibiru Jogja : Tempat, Rute, Harga serta Sarana 
Bicara Yogyakarta bermakna bicara mengenai pariwisata. Kota Yogyakarta adalah kota wisata yang  telah Menjadi Wisata Terbaik di Jogja,  Sesudah populer menjadi kota wisata Akan budaya, Yogyakarta selalu meningkatkan wilayahnya menjadi kota wisata. Sekarang ini banyak tempat wisata Yogyakarta serta sekelilingnya yang sayang bila ditinggalkan demikian saja. Diantaranya tempat wisata alam Kalibiru. 

 TEMPAT WISATA ALAM KALIBIRU JOGJA 

Kalibiru sebetulnya ialah satu nama rimba yang sekarang ini di proses jadi satu obyek wisata alam. Rimba Kalibiru mempunyai ketinggian 450 mdpl serta berbentuk lokasi perbukitan yang subur. Suhu hawa dalam tempat ini begitu sejuk. Kalibiru diurus oleh pemerintah serta penduduk ditempat menjadi wisata alam serta edukasi. Terdapat beberapa perihal yang dapat didapat disana, termasuk juga outbond, penginapan, serta beberapa spot untuk mencari photo kekinian. Ada pula jalan trekking yang dapat juga jadikan tempat camping. 

Tempat wisata Kalibiru ada di lokasi Kulon Progo, Yogyakarta yang memiliki konsep wisata alam. Kalibiru popular belakangan ini sebab mass media serta sosial media. Tempat persisnya berada di Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kulon Progo, Yogyakarta. Jarak dari pusat kota ialah seputar 40 km.. 

Kalibiru ikut bersisihan dengan tempat wisata lainnya seperti Waduk Sermo, Kebun Teh Nglinggo, serta air terjun Sidoharjo. Bahkan juga dari Kalibiru ini, akan dapat disaksikan panorama menarik Waduk Sermo dari jarak dekat. Perjalanan ke arah Kalibiru mesti dilalui dengan naik serta cukuplah berkelok. Semestinya pakai kendaraan yang kuat supaya perjalanan jadi lebih lancar. 

Untuk sampai Kalibiru, sekurang-kurangnya ada banyak pilihan rute perjalanan yang dapat diambil oleh beberapa wisatawan, diantaranya: 

Rute Sermo 
Rute yang pertama ini ialah rute paling banyak yang dipakai oleh wisatawan. Faktanya ialah sebab dalam perjalanan, akan didapati ikut panorama waduk Sermo, hingga perjalanan semakin lebih menyenangkan. Bila kamu ialah orang yang lebih nikmati perjalanan dibanding arah tujuan, rute ini akan pas untukmu. 

Untuk ke arah Kalibiru dengan rute Sermo, kamu dapat melalui daerah Sentolo, lantas ke Pengasih. Dari sana, menuju arah alun-alun Wates- RSUD Wates – Beji- Sermo. Baru dari Sermo, kamu dapat ke arah Kalibiru. 

Rute Clereng 
Rute ke-2 ialah rute Clereng. Perjalanan dengan rute ini bertambah cepat dibanding rute pertama, sebab tanjakan atau likuan akan tidak separah rute pertama. Bila kamu tidak demikian senang perjalanan jauh serta lebih senang perjalanan singkat, mengambil saja rute ini. Dari pusat kota, kamu dapat ke arah Sentolo, lantas ke Pengasih. 

Akan tetapi, sesudah perempatan Pengasih, berbeloklah mengarah kanan (ke arah Clereng). Ikuti saja rute itu untuk ke arah Kalibiru. Dalam perjalanan telah ada penunjuk jalan, hingga tak perlu kuatir akan tersesat. 



Rute kota (dari Malioboro) 
Rute ini ialah rute yang sangat jarang dipakai, sebab jarang ada wisatawan dari arah Malioboro yang ke arah Kulon Progo. Akan tetapi, bila kamu ingin ke arah Kulon Progo dari Malioboro, mengambil saja jalan Purworejo. Ikuti jalanan itu sampai di terminal Wates. Dari terminal itu, ikuti penunjuk jalan untuk ke arah ke waduk Sermo. Dari Sermo, ikuti selalu rute ke Kalibiru. 

Sarana 
Terdapat beberapa sarana wisata yang di tawarkan oleh wisata alam Kalibiru ini. Ada ruang parkir yang luas untuk motor serta mobil. Ada kios makanan, hingga wisatawan tak perlu kuatir kehabisan perbekalan makanan. Ada pula sarana bermalam seperti pendopo, homestay, dan camping ground. Untuk wisatawan yang ingin seru-seruan mengasah adrenalin, ada fasilitas outbond yang dapat dipakai. 

Sarana untuk Lihat Panorama 

Sarana untuk Lihat Panorama 

Diluar itu, ada pula menara pandang untuk nikmati panorama perbukitan dari Kalibiru. Dari sana akan dapat didapat panorama matahari tenggelam yang bagus bila bertandang saat yang pas. 

Bila ingin berburu photo disana, kamu butuh membayar Rp 10.000 saja. Diluar itu, ada banyak gardu pandang berupa rumah pohon untuk nikmati panorama matahari tenggelam serta berburu photo sunset yang bagus. 

Panorama perbukitan yang hijau serta dingin akan memanjakan mata beberapa wisatawan. Tidaklah heran kenapa terdapat beberapa anak muda yang ingin menyimpan peristiwa disana. 

Sarana untuk Bermalam 

Mengenai sarana homestay totalnya sejumlah 6 serta keseluruhannya dapat menyimpan seputar 10-15 orang. Homestay ini dapat untuk homestay keluarga di harga sangat murah ialah Rp 120.000 per malam untuk satu homestay. 

Harga yang relatif murah untuk satu tempat wisata alam di Yogyakarta, kan? Kapan kembali dapat bermalam di Yogyakarta dengan harga terjangkau serta mendapatkan panorama ciri khas perbukitan yang sejuk serta indah? Tidak hanya homestay, wisatawan dapat juga berkemah di camping ground yang disiapkan. 

Simak juga: 

Tempat Wisata Air Terjun di Kulon Progo 
Wisata Air Terjun Di Jogja 
Air Terjun Songgo Langit 
Pantai Sadeng 
Gunung Terindah di Indonesia 
Sarana Makanan 

Tidak hanya berwisata alam, ada pula ide wisata kuliner yang didatangkan di wisata Kalibiru ini. Terdapat beberapa penjual makanan enak yang gampang didapati. Dari mulai camilan ataupun makanan berat. Ada pula satu warung yang sama dengan cafe yang ada di dekat gerbang masuk penting Kalibiru. 

Diluar itu ada pula warung lesehan yang gampang diketemukan di harga yang dapat dijangkau. Menu makanannya juga begitu bermacam. 

Sarana Outbond 

Sarana outbondUntuk sarana outbond, Kalibiru ikut mempunyai flying fox yang dapat dicoba oleh semua kelompok, yakni di harga Rp 5.000 rupiah per orang (untuk anak-anak) sampai Rp 10.000 per orang (untuk dewasa). 

Akan tetapi flying fox ini baru dapat dipakai di hari Minggu saja mulai jam 8 pagi sampai jam 4 sore. Bila ingin coba flying fox, hadir saja di hari Minggu. 

Tidak hanya flying fox ada pula fasilitas outbond berbentuk jembatan monyet. Jembatan monyet ini ialah satu jembatan gantung yang tersambung dari pohon yang satu ke pohon yang lainnya. 

Bahan yang dipakai ialah papan-papan kayu dengan tali-temali. Dari atas jembatan, panorama Waduk Sermo dapat juga tampak dengan begitu bagus. Untuk yang takut ketinggian, tak perlu kuatir sebab telah ada penjaga yang dapat memasangkan tali pengaman. 

Sarana Trekking 

Untuk sarana trekking atau jelajah alam, ada banyak rute serta medan perjalanan yang dapat ditempuh. Wisatawan bebas pilih pada track manakah mereka akan berjalan. Ada track yang berjarak cuma 1,5 km, 3 km, 5 km, sampai 7 km. Untuk track 7 km, kamu dapat lihat panorama Waduk Sermo dari jarak dekat. 

Saat perjalanan, kamu dapat juga lihat keanekaragaman fauna yang menyebar, seperti elang, celeng, landak, ayam rimba, dan harimau. Bila kamu merencanakan naik gunung, sebaiknya melatih fisik di track Kalibiru ini. 

Demikian keterangan tentang wisata alam Kalibiru. Bila ingin bertandang kesana, lebih baik memakai kendaraan pribadi supaya lebih bebas beralih tempat ke wisata Kulon Progo yang lain. Selamat liburan di Yogyakarta serta mudah-mudahan berlibur mu menyenangkan.

0 komentar:

Posting Komentar