Home » » Tempat Wisata ke Candi Sari Jogjakarta Jawa Tengah

Tempat Wisata ke Candi Sari Jogjakarta Jawa Tengah

Written By teambolle92 on Senin, 12 November 2018 | November 12, 2018


Wisata Candi Sari Jojga - Tempat Wisata ke Candi Sari Jogjakarta Peninggalan Kerjaan Mataram Kuno Jawa Tengah - Candi Sari adalah candi yang dibangun pada sekitar abad ke-8 dan ke-9 pada saat zaman Kerajaan Mataram Kuno dimana pada masa itu adalah masa pemerintahan Rakai Pikatan Penangkaran. 

Bandar Poker - Pembanguna Candi Sari merupakan pembangunan yang secara bersamaan dengan Candi Kalasan pada masa itu. Kedua candi tersebut mempunyai banyak kemiripan, dari segi arsitektur maupun reliefnya dan juga keterkaitan kedua candi ini diterangkat dalam Prasasti Kalasan (700 Saka / 778 Masehi).


Situs Judi Online Terbesar di Indonesia - Candi Sari Jogja Tempat Wisata Terbaik di Jogja

Dalam Prasasti itu dijelaskan bahwa para penasehat keagamaan Wangsa Syailendra telah menyarankan Maharaja Tejapurnama Panangkara untuk mendirikan bangunan suci untuk memuja Dewi Tara dan membangun sebuah biara untuk para pendeta Buddha. Candi Kalasan dibangun untuk pemujaan Dewi Tara dan Candi Sari dibangun untuk biara pendeta Buddha. Di bagian atas Candi Sari terdapat 9 buah stupa yang tampak seperti pada stupa di Candi Borobudur, dan tersusun dalam 3 deretan yang sejajar.


Candi ini memiliki fungsi sebagai sebuah biara tempat ibadah. Candi Sari mempunyai ketinggian sekitar 17 meter dan panjangnya sekitar 17,3 meter, sedangkan untuk lebarnya sendiri sekitar 10 meter. Candi Sari ini menghadap ke arah matahari terbit. Dindingnya mirip dengan dinding di Candi Kalasan yaitu dengan di tutupi Vajralepa dimana pada dinding luarnya dihiasi dengan patung-patung Bodhisattva. Patung/arca Boddhisattva ini memiliki 36 buah yaitu delapan di sisi timur, delapan di sisi utara, delapan di sisi selatan dan di sisi barat terdapat dua belas patung.

Pada arca – arca tersebut digambarkan dengan sikap Tribangga yaitu memegang bunga teratai yang berwarna merah dan biru. Lantai dan bagian bangunan yang dulunya terbuat dari kayu sekarang sudah tidak ada, tetapi pada bagian dinding masih terlihat lubang-lubang bekas tempat menancapkan balok penyangga. Di dinding bilik bagian selatan terdapat batu-batu yang dipahat menyerong untuk menyangga ujung tangga yang terbuat dari kayu. Pada bagian atap Candi sari berbentuk persegi datar dengan hiasan 3 buah relung di masing-masing sisi.


Selain untuk wisata sejarah, pengunjung juga dapat bersepeda. Bersepeda di candi ini tidak akan memakan banyak waktu dikarenakan candi yang berukuran kecil. Selain di sekitar candi, para pengunjung juga dapat bersepeda menyusuri candi-candi lainnya yang lokasinya berdekatan. Para pengunjung dapat bercengkarama dengan penduduk sekitar candi untuk memperkaya cerita dan budaya dengan dalam dari Candi Sari ini sendiri.

Bandar Slot - Mereka akan dengan senang hati menceritakan legenda dan mitos yang telah terjadi di candi ini . Terkenal dengan sifatnya yang ramah membuat pengunjung merasakan mempunyai keluarga baru di Yogyakarta. Disini pengunjung juga dapat berburu dan mengabadikan momen bersama teman dan keluarga ketika beraada di Candi Sari ini. Selain bangunan yang unik dengan pahatan arcanya yang bersejarah, Candi Sari ini juga dikelilingi rerumputan yang hijau nan asri dan taman yang cukup sejuk. Dengan latar belakang candi membuat foto yang diambil menjadi lebih eksotis.

Lokasi Untuk Menuju Ke Candi Sari


Akses jalan menuju Candi Sari Yogyakarta ini sudah layak dan bagus untuk dilewati oleh para pengunjung. Lokasi Candi Sari Yogyakarta ini lumayan dekat dengan pusat Kota Yogyakarta.

Alamat lengkap dari Candi Sari ini tepatnya berada di Dusun Bendan, Desa Tirtamartani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Harga Tiket Masuk Ke Candi Sari dan Parkir


Harga tiket masuk ke Candi Sari Yogyakarta sangat murah. Pengunjung hanya dikenakan biaya yaitu Rp 5.000/orang untuk berwisata sejarah di candi ini.

Sedangkan untuk biaya parkir di Candi Sari Yogyakarta yaitu Rp 3.000 untuk parkir motor dan Rp 5.000 untuk parkir mobil.

Fasilitas Yang Terdapat di Candi Sari


Fasilitas yang tersedia di Candi Sari Yogyakarta ini sudah lumayan lengkap bagi para pengunjung yang ingin mengunjungi Candi Sari Yogyakarta, diantaranya adalah:
  • Area Parkir
  • Kamar mandi
  • Mushola
  • Tempat istirahat
  • Warung makan
  • Pusat Oleh-oleh
  • Penginapan



0 komentar:

Posting Komentar